15 comments on “Hakikat Sholat

    • Wa alaikum Salam wr.wb..
      bacaan surah pendek setelah Fatiha.. adalah sunnah.. bacaan ini tdk terbatas.. sesuai dgn keadaan yg memungkinkan.. hadist Rasulullah # Dari Abu Hurairah.. ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda..
      “Apabila seseorang kamu mengimami manusia.. maka hendaklah dia meringankan shalat.. karena di antara mereka ada yang kecil dan ada yang tua.. ada yang lemah.. ada yang sakit; apabila ia bershalat sendiri.. hendaklah ia shalat sesuai yang ia kehendaki.” (HR. Bukhari dan Muslim).
      # Dalam riwayat yang lain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
      “Aku sedang melaksanakan shalat dan bermaksud memanjangkan bacaannya kemudian aku mendengar tangisan anak kecil, lalu aku meringankan bacaan dalam shalatku karena aku mengetahui bagaimana kesedihan yang sangat yang dirasakan ibu tersebut akibat tangisan anaknya” (HR.Bukhari dan Muslim).

      Suka

  1. ass, mau nanya ??
    apa jika kita sudah sesuai semua syarat dan rukun sholatnya tapi hati kita memikirkan hal lain di luar solat itu sendiri apa masih tetap sah tidak ya ??
    terus bagaimana cara kita supaya solat itu khusyuk, kadang saya kesulitan lagi solat selau inget hal lain,,
    bagaimana cara menghindari hal tsb ??
    kita harus memikirkan apa ??
    kosongkan pikiran atau bagaimana ?? …
    mohon bimbingannya !!! Trimss

    Suka

    • menurut saya sihh.. selesaikan dulu urusan urusan yang dapat membuat pikiran kita berada ditempat lain. dan berusaha mengahafal setiab bacaan sholat. sedikit demi sedikit .jangan memaksa cepat bisa. intinya bibir mengucap kalimat, hati mengucap arti… insyaallah kalau ucapan bibir sama ucapan hati sudah bisa mengucap ber iringan.. sholat akan berasa nikmat sekalii. dan itulah sebab orang tidak mau meninggalkan sholat. karena kenikmatan rohaninya.. semoga bermanfaat. mohon maaf bila kurang berkenan. waalaikumussalam

      Suka

  2. Assalamualaikum Wr Wb,
    Ustadz, bolehkan saya mendapatkan email dari ustdaz?

    Ada cukup banyak hal yang ingin saya tanyakan, pelajari dan pahami.

    Suka

  3. Asalmualaikum… Jika kita sholat berjamaah, sebagai makmum apa yg mesti kita baca, terkadang timbul pertanyaan, jika kita membaca, kadang bacaan belum selesai imam sudah sujud, sedangkan kita harus ikut imam.. Mohon pencerhan nya buya.. Terimakasih

    Suka

    • Wa Alaikum salam wr.wb..
      Saudara Firman.. memang betul mengikuti imam itu wajib.. tapi kita juga harus perhatikan masalah tartilnya.. dan juga tuma’ninah dalam sholat.. didalam sholat berjamaah hukumnya ibarat org yg sedang bekerja bergotong royong.. yg lain menggenapi yg lain.. artinya.. meskipun bacaan kita tdk selesai itu sudah dianggap sah.. krn imam sudah membacanya untuk kita.. dan makmum lainpun sudah membacanya..
      sebenarnya.. telat didalam sholat itu bukan hal yg membatalkan sholat.. misalnya imam sudah sujud sedangkan bacaan kita belum selesai.. selesaikan saja bacaan kita.. lalu sujud.. meskipun imam sudah berdiri dari sujud.. semoga manfaat.. aamiin ..

      Suka

  4. ikut nyimak…sekalian nanya…tolong berikan saran agar shalat khusyu,gimana cara melatihnya,atau paling tidak apa yang harus kita pahami agar bisa menghayati shalat..
    mohon…pencerahannya
    agar shalat menjadi lembayung pada nyatanya kehidupan

    Suka

  5. Dalam makrifat saya sholatnya ruh saya yang sholat , apakah sholat saya sah ? tolong kejelasanya pak ustad
    Saya di sini sholat bersama Ruh Wali songo ,benar apa tidak yang saya lakukan ini.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s