HIZIB


Pengertian Hizib
Hizib berasal dari bahasa Arab: HIZBUN. Yang artinya: kelompok, golongan, partai, jenis, wirid, senjata. Dan dalam hal ini arti yang cocok adalah jenis wirid.
Hizib adalah himpunan ayat-ayat Al-Qur’an dan untaian kalimat zikir, Asma Allah (ismul a’azham) dan do’a yang disusun untuk diamalkan dengan membacanya atau diwiridkan (diucapkan berulang-ulang) sebagai salah satu bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT (Taqarrub Ilallah). #00cc00;
Jadi kandungan dari sebuah Hizib selain berisi pujian mengagungkan Asma Allah SWT dan shalawat Nabi juga mengandung doa untuk memohon pertolongan kepada Allah. Hizib juga mengandung banyak rahasia (sirr) yang sulit dipahami oleh orang awam, seperti kutipan beberapa ayat Al Quran yang terkadang isinya seperti tidak terkait dengan lafal rangkaian doa sebelumnya. Para ahli Hizib berpendapat bahwa dalam hal ini yang terkait adalah asbabun nuzul-nya.

Hizib yang Haq (benar) secara langsung atau tidak, akan bersumber dari ayat-ayat Al Quran, dalil hadist Nabi SAW dan doa-doa yang baik. Sedangkan Hizib yang bertentangan dengan nash (Al Quran dan Hadist) baik dalam lafal hizib maupun fungsi dari hizib, maka hizib tersebut sesat.

Ada beberapa macam Hizib yang diragukan kebenarannya, karena lafal atau penggunaannya yang tidak sejalan dengan ajaran agama. Contohnya hizib-hizib sihir untuk menyakiti manusia, untuk berbuat hina/nista dan berbagai macam Hizib yang tidak menganjurkan pengamalnya untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Karomah HIZIB

Penyusun Hizib biasanya adalah tokoh pengasas, pelopor atau pemimpin aliran tasawuf / tarekat sufi yang disebut sebagai seorang Mursyid. Maka ilmu HIZIB ini banyak diamalkan oleh para pengikut tasawuf.

Bagi sebagian orang pengikut tasawuf percaya bahwa dalam suatu Hizib terkandung rahasia-rahasia ghoib yang berhasil diungkapkan oleh sang mursyid (penyusun Hizib tersebut). Kesucian dan kesalehan seorang Mursyid hingga diberi karunia oleh Allah untuk menyingkap rahasia ilahi, yang tidak setiap manusia diberi pengetahuan tentang hal ghoib ini, maka tak sedikit para pengikut tawasuf yang kemudian mengkultuskan sang Mursyid sebagai salah satu Wali Allah (kekasih Allah).

Karena keterikatannya dengan sang wali tersebut, Hizib dianggap memiliki khowas. Para Wali Allah adalah orang yang sangat dekat dengan Allah swt. Berkaitan dengan hal tersebut orang yang mengamalkan hizib bisa berwasilah melalui wali kekasih Allah yang dimaksud, sehingga dipercaya oleh sebagian besar pengikut tasawuf bahwa khowas dari sang wali akan timbul melalui hizib yang dibacanya.

Macam-macam HIZIB

Beberapa contoh Hizib:
Hizib Bahr, dikarang oleh As-sayyid asy-Sayiakh Abil Hasan Asy-Syadzili, Pengasas Tarekat Syadziliyah. Dalam hizib ini termaktub doa (fadilah/khasiat) untuk melancarkan berbagai macam usaha dan kerejekian.
Hizib Nashar. Oleh As-sayyid asy-Sayiakh Abil Hasan Asy-Syadzili, (Tarekat Syadziliyah). Dalam hizib ini terkandung doa untuk segala hajat, kerejekian dan keselamatan. Beberapa kyai menyebutkan karomah Hizib ini dapat digunakan untuk membebaskan orang yang terpenjara (teraniaya). Selain hizib tersebut tadi ada lagi Hizib Lathif, Hizib Ikhfa’, Hizib Falah.
Hizib Ghazali & Hizib Autad, (oleh Syeikh Imam Al Ghazali, Tarekat Ghazaliyyah). Dalam Hizib Autad ini terangkum zikir mengagungkan asma Allah yang diwirid setiap hari. Dalam berbagai kitab diterangkan zikir ini bermanfaat sangat banyak, salah satunya untuk melancarkan segala hajat keperluan.
Hizib Jaylani, Hizib Al-Hifzh, Hizib An-Nur (oleh Syeikh Abdul Qadir Jailani, Tarekat Qadiriyyah). Dalam Hizib Jaylani ini terkandung doa untuk keselamatan. Beberapa guru spiritual menerangkan bahwa Hizib ini juga berkhasiat dapat menumbuhkan kesaktian pada diri sang pengamalnya.
Hizib Wiqayah oleh Ibn Arabi
Hizib An-Nawawi oleh Al-Imam An-Nawawi
Hizib Barqi
Hizib Saefi
Hizib Munajat
Hizib Muroqobah wa Syuhud

Dan lain-lain.

Seyogyanya seseorang yang ingin mengamalkan Hizib terlebih dulu harus menerima ijin atau ijazah dari Guru tarekat tasawuf yang terkait dengan Hizib tersebut.

8 comments on “HIZIB

  1. Assalamu ‘Alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Apakah sudah berlaku pengijazahan HIJIB itu, klau mursyid hanya meng izinkan untuk di amalkan tanpa beliau memberikan silsilah guru yang meng ijazahkan kepadanya ? Mohon pencerahannya

    Suka

    • sudah sah, karna sebenarnya ijazahnya itu tiada lain adalah keredhaan Allah, tidak akan terbetik dihati seseorang untuk mengamalkan sesuatu tanpa ijin Allah, dan tak akan bertemu seseorang dengan seseorang yg lain dan mendapatkan sedikit ilmu melainkan ilmu itu telah dimilikinya sejak di alamul Ruh.

      Suka

  2. Blh kah saya mngamalkan hizib maghroribi

    Suka

  3. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Bagaimana cara saya mendapatkan ijazah itu sedangan para penggagas hizibb itu sudah tiada..dan apakah boleh langsung mengamalkan hizib itu tanpa ijazah. Umpama saya langsung mengamalkan hizib syekh abdul qodir al jailan..atau bolehkah seorang manusia biasa itu menyusun hizib .( Dari asmaul husna ).+ sholawat.terima kasih sebelum Ϟƴª وَ عَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ .

    Suka

    • Wa alaikumsalam.. ijazah hanya sebuah kalimat.. bkn bentuk dan juga bukan berupa simbol.. untuk mengamalkan hizib..
      Puasa Sunah 3 atau 7 hari dengan ikhlasnya.
      Selama Puasa Hizib dibaca disetiap sholat fardu paling sedikit ikhlasnya3x dan sholat Hajat 40x. Ulangan,setelah selesai puasa di Baca minimum dijadikan wirid 3x subuh dan Maghrib.
      Tawasulnya kepada Rosululloh,malaikat Muqorrobin,Para Sahabat Rasul,Qutb Auliya-i Syekh Abdus Salam Bin Masyis, Syekh Abul Hasan Asy-Syadzili, Syeikh Abul Abas Al-Marsi,kedua orang tua dan muslimin dan muslimat.

      Suka

  4. Tulis komentar di sini…teman saya dikasih hizib, tapi saya tidak tahu rentetan amalan sebelumnya, yang saya tahu disuruh puasa putih 1 minggu dengan hanya malan nasi putih secukupnya tidak boleh nambah jika masih lapar dan hanya minum 1 gelas air putih/tawar, kemudian tidak diperbolehkan makan apapun sampai waktu sahur tiba. dan makan sahurnya pun sama seperti ketika berbuka. Yang aneh puasa putih tidak ada dalam ajaran islam, sesatkah hizib tersebut atau guru tersebut?

    Suka

  5. Klo mnurut saya pengijasahan melalui mursyid sngt lah penting adanya, krn tdk akan mngkn suatu ilmu dtng tanpa ad yg membimbing / pun mengajarinya, mlainkan melaui seorang mursyid / pun guru yg mngerti akan ilmu tsb, Tuntutlah ilmu smpai ke negri cina, mnuntut ilmu sngt lah penting n wajib, akan tetapi harus bnyak bertanya kpd para ulama yg sdh dikenal yg kiranya mumpuni ilmunya n harus lbh bnyak mngenal nya lbh dalam dgn melalui berbagai pertanyaan seputar yg anda inginkan, selama seorang mursyid itu bs menjelaskan n membuat diri mngerti dgn jelas akan keilmuan tsb, melaui ketulusan kesungguhan mencari ilmu dgn sll berkhtiar n berdoa, insya allah anda akan mnemukan seorang mursyid yg akan allah swt berikan.amin
    Nb: Belajar sgala Sesuatu ilmu apapun hrs dgn adnya bimbingan seseorang Mursyid (guru yg mngerti akn ilmu tsb).

    Suka

  6. Penulis dlm blog ini, atau dlm blog2 lain yg berkaitn dgn ilmu Allah, apakah jg trmasuk mursyd? mohon pencerahan

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s