NUR MUHAMMAD


Hakikat Nur Muhammad,. Banyak pendapat dan pertentangan pendapat tentang Hakikat Nur Muhammad yang akan menjadi topik bahasan dalam  Kajian Hakikat Tauhid  ini. Perbedaan pendapat itu pada umumnya terdapat pada kisaran tentang Penciptaan Nur Muhammad dan Awal Muhammad. Masing-masing pendapat berusaha untuk menampilkan dan menyandarkan pendapatnya kepada ayat-ayat Al-Quran dan hadist-hadist serta penjelasan-penjelasan yang logis dan ilmiah untuk mendukung kebenaran pendapat mereka. Mungkin saya, atau anda termasuk salah satu diantara mereka

Masing-masing pihak berusaha untuk membantah pendapat yang lainnya. Bahkan ada diantaranya yang menyatakan bahwa hadist-hadist yang disampaikan sebagai dasar dari pendapat yang berseberangan dengan pendapatnya adalah hadist lemah bahkan hadist palsu dan sebagainya. Sehingga pada akhirnya hanya pendapat dia sajalah yang paling benar.

Mengenai hal tersebut, saya lebih tertarik dengan pernyataan yang disampaikan oleh Ibnu Hajar yang menyatakan bahwa, setiap pendapat yang berusaha menjelaskan suatu urusan tentang agama yang tidak mempunyai penjelasan yang tegas, pada umumnya hanya berupa penafsiaran yang berusaha untuk menyelaraskan maksud dan pemahamannya dengan apa yang dimaksud oleh Allah swt. Sedangkan yang dimaksud oleh Allah swt bisa jadi adalah demikian atau sama sekali bukan demikian, kebenaran yang sesungguhnya adalah milik Allah swt

Sedangkan tentang saling kalim bahwa hadist yang disampaikan satu pihak oleh pihak yang lain adalah hadist lemah atau hadist palsu. Saya berpendapat bahwa, sesuai dengan konsep dasar pembelajaran ilmu hadist, dalam perkembangannya memang terdapat bebarapa hadist yang sebelumnya dinyatakan sahih ternyata belakangan ditemukan lemah sanadnya atau bahkan ternyata bukan hadist. Namun dengan pemahaman bahwa apabila satu hadist yang sebelumnya dianggap lemah tenyata diriwayatkan oleh banyak orang dengan jalan yang berbeda, bisa jadi hadist tersebut adalah sahih. Karena tidak mungkin atau kecil sekali kemungkinannya banyak orang berbohong pada masalah yang sama pada saat yang bersamaan.

Tapi apabila dicermati kedua pendapat yang yang saling bertolak belakang tentang keberadaan Nur Muhammad tersedari pemahaman wahabi yang memang pada awal keberadaan fahamnya menolak setiap pendapat diluar dari pendapatnya sendiri. Sedangkan pendapat yang lain, selain pendapat dari faham wahabi atau dari kalangan Ahlu Sunnah Wal Jamaah cendrung hanya mempersoalkan tentang penciptaan mana yang lebih dahulu diciptakan antara Kalam dan Nur Muhammad. Sehingga keberadaan Nur Muhammad tersebut sebetulnya sudah disepakati.

Perlu juga disampaikan dalam kajian awal pada category  Hakikat Nur Muhammad  ini, bahwa Nur Muhammad yang dibahas bukan Nabi Muhammad saw yang dilahirkan di Makkah dan wafatnya di Medinah, Ayahnya bernama Abdullah dan Ibunya bernama Aminah, tetapi Nur Muhammad yang dimaksud dalam Kajian Hakikat Tauhid ini adalah sesuatu yang diciptakan Allah swt yang akan membuktikan bahwa Dia adalah Tuhan yang tidak ada Tuhan selain Dia yang berhak untuk disembah.

Secara logika dapat digambarkan bahwa tidaklah bisa dikatakan sesorang itu sebagai seorang guru apabila dia tidak mempunyai murid atau tidak ada orang yang belajar kepadanya, dan tidaklah bisa dikatakan bahwa sesorang itu pemimpin kalau tidak ada rakyat yang dipimpinnya. Tentunya tidaklah dikatakan Allah swt itu sebagai Tuhan, apabila tidak ada makhluk yang menyembahnya dan yang menyembah itulah yang dikatakan sebagai Nur Muhammad. ( Insya Allah akan dibahas lebih lanjut )

Dengan pemahaman itu, maka sudah jelas bahwa yang pertama sekali diciptakan Allah swt sebagai Tuhan adalah Nur Muhammad, karena tanpa Nur Muhammad itu Allah swt belum menjadi Tuhan, karena belum ada yang menyembah-Nya. Setelah ada yang menyembah, barulah Allah swt menciptakan kalam untuk berkata-kata karena tidak mungkin Allah swt berkata-kata sendirian. Setelah memahami konsep sederhana yang disampikan diatas, barulah kita bisa melanjutkan kajian tentang apa dan siapa Nur Muhammad itu dan bagaimana proses penciptaannya dan hubungannya dengan makhluk yang lain yang diciptakan Allah swt sesudahnya.

18 comments on “NUR MUHAMMAD

  1. mencari kebenaran tantang Allah dan Rosulullah Muhammad jgn dibatasi oleh mencari dalil2 penunjang, karna Allah tdk bs dibatasi oleh pemikiran manusia. mintalah pd Allah akan kebenarannya. janji Allah itu benar..tanggung sekali belajar agama dan mengenal allah dibatasi pemikiran.Karna Allah tdk bs dibatasi.

    Suka

    • Anda bnr.. tapi sedikit kurang tepat.. karna di dalam Alquran sendiri ada anjuran untuk belajar dan menuntut ilmu.. demikian jg dalam hadist2 Rasulullah.. ilmu Allah bkn untuk difikirkan semata.. walaupun dalam beberapa firman Allah.. Allah memerintahkan kita untuk memikirkan apa2 yg telah Dia Ciptakan.. Islam adalah Syariat.. Tarikat ( jalan / belajar) menuju Hakikat dan ma’rifah..

      Suka

      • nice statement,,, tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat,,, demikian sabda Nabi Muhammad SAW,, saya sendiri pernah baca kitab ini versi bahasa banjar (kalsel)

        Suka

  2. subhanallah…
    izin share ustad

    Suka

    • Silahkan.. selama itu baik buat ummat..

      Suka

  3. allah adalah allah, dialah tuhan yang esa dengan ada atau tidak adanya penyembah. Menuntut ilmu itu wajib sampai kita mati, tapi bukan ilmu yang mengobok obok ketuhanan. Semakin jauh kita berfikir tentang itu kita nanti terjebak pada penafsiran kita sendiri. Anda mengatakan Allah butuh penyembah sehingga bisa dikatakan tuhan. Hakekat ketuhanan adalah milik allah. kita fikirkan saja ciptaannya, seperti kalam, malaikat, jin dan manusia serta ciptaannya yang lain. Ada tidaknya penyembah tidak mengurangi sedikitpun derajat ketuhanan ALLAH SWT. Artikel yang anda sampaikan sepertinya anda faham ajaran tasawwuf, tapi sepertinya artikelnya penulisannya terpotong sehingga kesannya bertentangan dengan al-qur’an. Siapa anda? Ajaran tasawwuf itu baik tapi jika yang menyampaikan tidak faham betul isi alqur’an jadinya menyesatkan. maaf bukan menggurui tapi mengingatkan. OK apa ada yang berminat untuk beli kue kering? kunjungi http//hummaida.blogspot.com. Sorry promo juga …..

    Suka

  4. di dunia ini diciptakan Allah berjodoh, ada siang ada malam, ada pria ada wanita dan masalah ini ada yg pro dan ada yg kontra ini adalah sunnahtullah yg tdk bisa ter elakan [ NUR ALLAH DAN NUR MUHAMMAD INILAH YG HARUS KITA SAKSIKAN AGAR KITA MASUK ISLAM SECARA KAFFA INILAH DUA KALIMA SYAHADAT].

    Suka

  5. Banyak manfaat yang dapat diberikan diskusi ini bagi yang ingin belajar tauhid. Namun bagaimanapun tetap harus bersandar pada Al Qur’an dan Hadist, karena itu petunjuk yang datang dari Allah dan Rosulnya. Tidak bersandar pada Al Qur’an dan Hadist, merupakan kesombongan yang barangkali tidak perlu diikuti

    Suka

    • Ibarat syariat saja itu bagus … Tpi ingat ibadah disyariat itu kadang bisa rapuh …. Contoh ….. Bkan kah ibu yg mengandung kita sembilan bulan dan sllu memberi mkn kita di dlm kandungan … Dan saat melahirkan kita pun disaat itu ibu bertaruhnyawa untuk kita…… Lalu saat kita sudah besar ibarat sudah balik ibu menyuruh mu untuk membeli obat buat ibu ….. Tpi engkau malah menuntut untuk mendapat upah…… Apakah pantas sebagai anak seperti itu ……. Sudah lebih dulu diberi ibu segala galanya tpi saat di perintah malah menuntut seswatu imbalan…… Pikirkan sndri ….. Itulah rapuhnya syariat… Perintah sholat dan menjlnkn sunah menuntut dapat surga dan pahala …. Padahal sudah allah sedekahkan lebih dulu padamu pertama nafas engkau hidup dan diberi kshtan kau bsa jlnkn prntahnya …..tpi engkau mlh menuntut seswatu………awaludin makrifattullah awal agama mengenal allah syariat dan hakekat itu harus bersamaan ia bersamanya itulah dikatakan makrifat….. Mustahil kau jln dngn satu kaki pasti mudah jatuh

      Suka

  6. bukankah sudah jelas dalam sifat 20,
    allah berbuat tidak bergantung apa2,
    dan tidak bergantung siapa2,
    nur muhammad adalah sebab terjadinya
    alam semesta,
    tp ingat allah berbuat tidak bergantung sebab,,,,

    seorang murid bertanya kpd imam al ghazali,,
    apakah ‘itikad aswaja sampai d akhir zaman.,,
    imam ghazali berkata
    di akhir zaman orang2nyalah lg berpegang
    karna kebanyakan aliran…
    mudahan kita selalu d jaga berkat orang2 sholeh,,,

    Suka

  7. NUR MUHAMMAD bukan nabi Muhammad akan tetapi NUR ALLAH yg sebagai bahan membuat mahkluk ”TIDAK AKU CIPTAKAN SEGALA SESUATU KALAU TIDAK KARENA NUR MUHAMMAD” bagaimana Allaah menciptakan NUR MUHAMMAD lihat QS ANNUR 35.36.

    Suka

  8. Mohon maaf numpang koment, saya bukan ustad, tp pernah juga belajar ttg Nur Muhammad. Alquran dan hadis memang betul adalah sebagai pedoman hidup dan sumber ilmu bagi seluruh Umat yg mau mempelajarinya,, tapi yg bisa menjadikan alquran dan hadis sebagai pedoman cuma bagi orang2 yg mau berfikir, dan utk berfikir membutuhkan akal, nalar / logika, tapi terkadang tidak semua ilmu allah yg bisa dilogikakan, tapi cukup utk dipahami bagi pribadi masing2, jadi utk pengetahuan tentang NUR Muhammad tidak perlu diperdebatkan, kalau yakin pakai sesuai dengan paham dan keyakinan masing2, sebagai mana kata allah ” Aku sesuai dg prasangka hamba ku ” , karna sesungguh nya allah akan memberikan petunjuk kepada siapa yg dikehendaki, petunjuk allah pasti beda2 pada setiap mahluknya, dan itu membuktikan tentang MAHA BESAR nya Allah. Wassalam.

    Suka

  9. bang kalo bukunya ad durrun nafis ada yg jual

    Suka

    • Bukunya tidak dijual..

      Suka

      • Aslkm…. ikut baca2 di blog ini ya mas..

        Suka

      • Aslkm… ikut baca di blog ini ya… trmksh….

        Suka

    • Ada yang jual nama bukunya Permata Yang Indah. Addurrunnafis.

      Suka

  10. Assalamualaikum, ana iwan izin membaca dan menkopi serta menyimpan tulisan ini, semoga jadi ladang amal bagi antum…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s